(Video) The Rabbaanians – Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc – Muslim Kok Nyerah??

1072

🌼 Materi
⚠Islam satu kata artinya : MENYERAH
📩analogi : apabila seorang tentara yang menyerah kepada musuhnya. Maka seorang itu mau saja melakukan  yang di perintahkan  musuhnya tanpa ada penolakan , inilah hakikat kata ‘menyerah’

📖 Al an’am 162 – 163
162 : Katakanlah(muhammad) kepada hamba hambaku , sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.
163 : Tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)”.
👉Islam artinya  menyerah sebagaimana doa nabi ibrahim yang tercantum  dalam surah berikut :
📖 Al Baqarah : 128
Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
》 Dijelaskan dalam tafsir at Thabari  islam artinya menyerah . Kita menyerah kepada Allah , menyerah hidup mati kita kepada Allah , menyerah life style kita diatur Allah , harta apa yang Allah atur untuk makan, siapa teman yang harus  kita bersamai dan harus kita hindari..dst
⚠Muslim itu menyerah bukan membantah(raafid) ayat ayat Allah .
👉Maka , Slogan umat muslim
📖 An nur : 51
إِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِينَ إِذَا دُعُوا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَنْ يَقُولُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
Sesungguhnya jawaban oran-orang mukmin, bila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul menghukum (mengadili) di antara mereka ialah ucapan. “Kami mendengar, dan kami patuh”. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.
⚠ Kita muslim maka سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا (kami dengar dan kami ta’at) inilah aplikasi dari menyerah , orang yang menyerah cuma dua kata ini.
👉Maka tidak pantas bagi seorang mukmin kata Allah menetapkan hal lain saat Allah dan rasulNya memerintahkan.
📖  Al ahzab : 36
Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata.
》Kata menyerah itu hanya taat tidak opsi lain.
📖 al baqarah : 208
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً …….
Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan…..
》Islam berarti menyerah maka harus masuk secara islam secara keseluruhan …
》Tidak ada paksaan dalam agama islam maka masuklah secara keseluruhan
📖  Al baqarah : 256
Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat…..
📖 Al kahfi : 29
Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir”……
📖 Al ikhlas : 2
Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu…

الصَّمَدُ Adalah dzat tempat bergantung dalam waktu yang sama tidak membutuhkaan apapun
》Kita masuk dalam agama islam tidak ada paksaan , Allah  tidak butuh apapaun.
》Allah meminta kita jujur , makanya tricky itu Allah ga suka. Sehingga dalam ilmu akidah , dari sisi akidah Allah lebih  respect kepada orang kafir.
📖 Annisa : 145
Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka…..
👉Mengapa demikian? Karena orang kafir lebih fair , lebih jelas tidak mau menyerah sementara orang munafiq mengaku menyerah tapi berbalik di belakang.
📖 HR : Ciri orang munafiq itu ada 3 , jika berbicara bohong , jika berjanji ia mengingkari dan jika diberi  amanah dia berkhianat.
👉Makna menyerah  adalah kita meletakkan semua senjata kita , senjata ego , senjata nafsu. Maka menyerahlah! Karena semua kita akan mati.
📖HR Tirmidzi : Kita itu berada dalam kotak kematian kita…
📩 Ketika seorang pasukan menyerah pada musuh dia menyerah kepada orang yang membenci dia. Tapi ketika kita menyerah kepada Allah, kita menyerah dzat  yang Maha Pemurah , Maha Pengasih bahkan Allah lebih menyayangi kita lebih dari seorang ibu yang sedang menyusui anaknya. Allah tidak mungkin meracuni kita , menghempaskan kita ,menyengsarakan manusia. Semua peraturan Allah adalah untuk kebaikan manusia itu sendiri. Allah membuat peraturan karena sayangnya Allah dengan kita.
📖 Thaha : 2
… Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah;….
📩 Sebagaimana traffic jalan raya jika tidak ada lampu merah kita tidak akan pada sampai tempat yang kita tuju.
📖 Al an’am :59
Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)”
⚠ Kenapa kita bisa menyerah kepada manusia karena kecerdasannya tapi kenapa kita tidak bisa menyerah  kepada Allah??
📖 Al mulk : 14
Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?
⚠Serahkan semua pada Allah bukan pada logika kita , karena logika itu bersifat subjektif.
⚠Apakah kita merasa aman dari pembalasan Allah?Tidak ada alasan untuk kita kita tidak menyerah  kepada Allah. Allah lah yang tau yang terbaik bagi kita manusia / hambanya.

🌼 Tanya Jawab
🌾Konsep menyerah dari Islam ?
🌿Maksud menyerah yang dibahas para ulama disini sebagai pengertian kata islam adalah menyerah  kepada sistem Allah.
🌿Secara garis besar terbagi menjadi dua ada hal hal yang boleh kita improvisasasi selama tidak haram dan ada hal hal yang harus menyerah secara total ( fiqih sholat subuh 2 rakaat , sholat dhuha 4 rakaat ,dst..)
🌿Ada hal hal yang kita diperbolehkan untuk berfikir tapi setiap gerak kita hendaknya sesuai dengan aturan Allah…kapan kita bergerak ,kapan kita berhenti , kapan kita kekanan ,kapan kiya ke kiri semua harus kita ikhlaskan.
📖 al qamar: 3
Dan mereka mendutakan (Nabi) dan mengikuti hawa nafsu mereka, sedang tiap-tiap urusan telah ada ketetapannya.

🌾Ujung dari menyerah adalah selamat tapi hanya dengan sholat. Gw muslim , gw nyerah , simple yang penting  gw sholat.
🌿Jika sholatnya  khusyuk dan total maka ia akan merevisi kalimatnya sendiri , sholat yang total harusnya ada impactnya di hidupnya karena sholat akan mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Jika memahami hakikat sholat , memahami sholat yang sebenarnya maka ia akan sadar sendiri.
🌿Ucapan saya Islam itu tidak gratis / tidak murah
📖 Al ankabut : 2
Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?
》Allah pasti akan menguji kita sehingga akan terlihat mana musli yang sejati atau tidak.
📖 Al hajj : 11
Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada di tepi; maka jika ia memperoleh kebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata.
》Inilah orang orang yang bertemu dengan hal hal yang tidak sesuai dengan hawa nafsunya maka ia mencari pembenaran2 untuk menolak  nya.
⚠Allah akan uji engan ucapan kita bahwa kita Muslim tapi kita benturkan dengan hawa nafsu kita , dengan ego ego kita dll.
⚠Renungkan apakah kita mau masuk kedalam apa yang Allah sebutkan di al hajj : 11 atau mau masuk sistem secara keseluruhan.

🌾Apa yang harus kita lakukan ketika kita bilang “gue muslim” kemudian kita bisa menjelaskan kepada diri sendiri pada khususnya dan orang lain . Tugas kita di dunia apa se?
🌿Gue muslim adalah gue menyerah ,maka agama semua nabi adalah islam (menyerah) ,tunduk patuh kepada Allah.
Semua agama menjelaskan tentang menyerah kepada Allah Rabbul alamiin hanya syariat nya berbeda sesuai dengan kondisi setiap masa kenabian itu.
🌿Hakikat dan tugas kita hidup di dunia , detailnya akan dijelaskan dalam sesi berikutnya tapi kisi kisinya terangkum dalam dua ayat :
📖  Adz dzariyat : 56
Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
📖 At talaq : 12
Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.
🌿 Dan untuk menjelaskan maka tentu saja belajar.
📩 Imam syafi’i   : orang tidak menjelaskan tentang masalah masalah jika kita tidak punya pengetahuan  tentang itu.

🌾 Beberapa  orang  menganggap konsep menyerah dalam islam sudah tidak relevan dengan saat ini.
🌿Yang perlu  kita camkan bahwa yang menurunkan  konsep  ini adalah Rabbul aamiin pencipta langit dan bumi dan segala isinya disampaikan melalaui Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam  ini sempurna dan cocok hingga akhir dunia karena Allah yang paling tau.
📖 Al baqarah : 111
Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) berkata: “Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang-orang (yang beragama) Yahudi atau Nasrani”. Demikian itu (hanya) angan-angan mereka yang kosong belaka. Katakanlah: “Tunjukkanlah bukti kebenaranmu jika kamu adalah orang yang benar”
》Maka agama kita adalah agama data bukan agama asumsi maka jika ada orang  yang berfikiri seperti  itu mintalah datanya karena tidak akan mungkin ada in syaa  Allah .  Agama kita tidak akan pernah expired.

🌾Bagaimana definisi islam dengan kata menyerah , mengalah dan merendah apakah sama atau ada levelnya.
🌿Menyerah  jelas makna dari islam.
🌿Mengalah itu salah satu ajaran di dalam agama yang konsep menyerah , kita dituntut mengalah untuk kemaslahatan yang besar.
Contoh  konsep mengalah nya istri :
📖 Annisa : 128
Dan jika seorang wanita khawatir akan nusyuz atau sikap tidak acuh dari suaminya, maka tidak mengapa bagi keduanya mengadakan perdamaian yang sebenar-benarnya, dan perdamaian itu lebih baik (bagi mereka) walaupun manusia itu menurut tabiatnya kikir. Dan jika kamu bergaul dengan isterimu secara baik dan memelihara dirimu (dari nusyuz dan sikap tak acuh), maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
🌿Merendah ada dua , rendah hati yang merupakan konsep ketawadhuan ( tidak sombong) yang merupakan konsep dalam islam. Sombong kata Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam  adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia dan tawadhu adalah lawan dari itu.

🌾Ketika orang sudah pasrah dan menyerah tapi kita jadi dijauhi oleh lingkungannya.
🌿📩Kisah ketika  waraqah bin naufal di datangi Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam  dan khadijah , akan kejadian yag menimpa Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam .  Waraqah kemudian berkata : “Kaummu akan mengusir dirimu , karena tidak lah seorang yang membawa ajaran yang kamu bawa sekarang  ini pasti akan dijauhi kaumnya”
🌿📖 HR : Seorang mukmin yang bergaul dengan manusia kemudian ia bersabar  itu lebih baik dari seorang muslim yang keluar dari kelompoknya.
🌿Tetap sampaikan kepada mereka ,  masalah mereka tidak suka adalah urusan mereka dengan Allah.
🌿Jangan menjauh , tetap jaga akhlaq kepada manusia karena akhlaq berbanding lurus dengan ilmu.

🌾Ketika kita sudah benar2 ingin menyerah dalam beragama. Tafsir dan pemahaman seperti apa yang harus kita pakai karena sekarang ini banyak penafsiran yang berbeda beda.
🌿Butuh waktu untuk menjelaskan .  Tapi intinya ketika kita mau menanggalkan nafsu ,kepentingan dan ego kita itu sebenarnya simple.
🌿Kalau kita benar2 menyerah kepada Allah maka tidak perlu waktu lama dalam memecahkan masalah.
📩Umar bin khattab hanya butuh diingatkan oleh seorang muslimah akan ayat Allah tentang mahar yang ingin dibatasi Umar padahal Allah tidak membatasi. Dan beliau meninggalkan egonya, membatalkan keputusan dan naik ke mimbar : “Semua orang disini lebih berilmu dari Umar”

🌾Gimana cara penyampaian yang baik kepada orang lain tanpa terkesan menggurui?
🌿Semua tentang niat. Ketika kita menasehati teman kita niatkan bahwa kita ingin mereka merasakan nikmatnya islam seperti kita merasakan nikmatnya.
🌿Jangan pakai emosi , atau menyerang balik.
📖 HR Muslim : Tolonglah saudaramu yang dzalim maupun yang terdzalimi.
》Yang dzalim adalah menolong  orang itu mendzalimi diri sendiri.
》Maka semangat yang diusung adalah MENOLONG saudara kita bukan menjatuhkan.
》Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam  disini bersabda “tolonglah” bukan “jatuhkan”

🌻 Majelis The Rabbaanians #1🌻
🌼Gue Muslim🌼
Ust Muhammad Nuzul Dzikry ,LC
Rabu , 2 Sya’ban 1436H
Masjid Agung Al Azhar Kebayoran

Sumber : @oelpha_hasana 

Bagaimana pendapat anda?

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY