BPJS Syariah Akan Segera Diluncurkan

1283

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan BPJS Kesehatan akhirnya sepakat untuk meluncurkan program BPJS Kesehatan berbasis syariah. Kesepakatan ini diambil usai pertemuan bersama antara pihak MUI, BPJS Kesehatan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kemenkeu dan Kemenkes di Gedung Merdeka, Selasa (04/08/2015) kemarin.

“Masyarakat diminta tetap mendaftar dan tetap melanjutkan kepesertaannya dalam program jaminan kesehatan nasional yang diselenggarakan BPJS kesehatan dan selanjutnya perlu ada penyempurnaan terhadap program jaminan kesehatan nasional sesuai dengan nilai-nilai syariah untuk memfasilitasi masyarakat yang memilih program yang sesuai dengan syariah,” demikian bunyi kesepakatan tersebut.

Lebih lanjut Direktur BPJS Fahmi Idris mengatakan, BPJS tidak akan membedakan antara pelayanan yang konvensional dengan yang berbasis syariah, keduanya tetap sama sesuai regulasi yang berlaku.

“Kita masih bahas program ini lebih lanjut bersama tim teknis yang sudah kita bentuk,” kata Fahmi di Republika (04/08/2015).

Sebelumya diberitakan, ada tiga poin kesepakatan yang diambil pada pertemuan bersama tersebut yaitu pembentukan tim gabungan untuk menindaklanjuti hasil ijtima’ ulama MUI, tidak ada penyebutan kosa kata ‘haram’ dalam hasil ijtima’ tersebut dan meminta masyarakat untuk tetap mendaftar BPJS sembari menunggu selesainya penyusunan BPJS Syariah.

Meski diwajibkan oleh pemerintah, banyak di antara kalangan kaum muslimin yang menunda pendaftaran BPJS Kesehatan karena belum sesuai syariah Islam. Diantara yang menunda tersebut adalah Ustadz Arifin Ilham.

(Ahmad Yasin)
Bersamaislam.Com

Bagaimana pendapat anda?

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY